Fungsi-Fungsi Tuple Python

Bentukannya Tuple Kok Tipe Datanya Bukan Tuple? Ini Dia Peran Fungsi Type() Pada Pemrograman Python


Bentukannya tuple belum tentu tipe datanya juga tuple. Untuk mengetahui apakah type data dari suatu variabe, terutama yang bentukannya tuple? apakah integer, apakah tuple, apakah string? kita bisa gunakan bantuan fungsi type() yang tersedia pada pustaka bahasa pemrograman python.

Subkategori: type tuple


Misalkan ada variabel A seperti berikut

>>> A = ("python")
>>> print(A)
python

Kalau dilihat dari bentuknya, menggunakan tanda kurung "( )", maka secara visual kita bisa tebak bahwa variabel A itu ber tipe tuple. Unutk membuktikannya, apakah benar variabel A tersebut bertipe tuple? maka kita bisa gunakan bantuan fungsi type(), seperti berikut 

>>> type(A)

Hasil dari kode program type(A) di atas, menunjukkan bahwa tipe data dari variabel A tersebut ternyata adalah str alias string, dugaan kita ternyata salah.

Kenapa tidak ber tipe tuple seperti bentukannya yang menggunakan tanda kurung "( )".?

Dalam pemrograman python, suatu variabel akan dikategorikan ber tipe tuple selain karena diberi tanda kurang "( )", juga karena ada beberapa elemen penyusun di dalamnya. 

Berhubung hanya ada satu elemen di dalam array variabel A tersebut alias elemen tunggal, maka program python mengindentifikasikannya sesuai dengan tipe data elemen tersebut.

Coba lihat contoh berikutnya di bawah ini

>>> D = (3)
>>> type(D)

Tipe variabel D di atas adalah int alias integer, sesuai dengan nilai nya yaitu 3 dimana secara konsep merupakan bilangan ber tipe integer.

Kemudian, coba lihat contoh berikutnya di bawah ini.

>>> C = ("python",)
>>> type(C)

Nah, pada variabel C di atas, tipe datanya adalah tuple, kenapa bisa begitu? karena ada tanda koma nya setelah elemen "python", dengan diberi tanda koma tersebut, seakan-akan elemen penyusun dari variabel C terdiri dari beberapa elemen.

Jadi, pada pemrograman python, variabel yang bentukan terlihat seperti tuple (ada tanda kurung "( )" nya ) belum tentu tipe nya juga tuple. Perlu diverifikasi lagi menggunakan fungsi type().

Demikian pemaparan singkat tentang peran fungsi type() untuk mengetahui tipe data dari suatu variabel yang ber bentuk tuple. 

 

 

Artikel ini telah dikunjungi sebanyak 0 pengunjung dalam satu minggu terakhir
Artikel ini ditulis oleh:
foto penulis
mister bram
orang biasa yang berusaha untuk terus belajar dan ingin berbagi

Bagaimana menurutmu artikel ini?

 Silakan bagikan artikel ini



 Silakan tulis dan bagikan pendapatmu untuk didiskusikan