Tentang Fungsi pada Bahasa Pemrograman Komputer


Apa Pengertian Fungsi dalam Pemrograman?

Fungsi di dalam bahasa pemrograman merupakan sub program atau program kecil untuk mendukung aktifitas pemrograman. Dalam satu program utama bisa terdiri dari banyak program kecil. Fungsi di dalam bahasa pemrograman melakukan tugas spesifik. Cara kerja fungsi pada pemrograman mirip dengan cara kerja fungsi pada matematika. Fungsi membutuhkan parameter inputan atau bisa juga tidak membutuhkannya, namun akan menghasilkan nilai keluaran tertentu sesuai dengan tugas spesifiknya.

Kenapa Fungsi Dibutuhkan dalam Pemrograman?

  • Hadirnya fungsi dapat meminimalisir pengulangan kode ketika melakukan programming. Jika seorang programmer tidak menggunakan fungsi, maka kode program yang ditulisnya bisa lebih panjang karena kemungkinan ada nya pengulangan kode. Namun jika sebaliknya, maka programmer hanya perlu membuat satu program kecil saja yang disimpan dalam fungsi, dimana nanti ketika kode program tersebut diperlukan maka tinggal memanggil nama fungsi nya saja. Tapi kalau kebutuhan akan tugas tertentu sudah dapat disediakan oleh fungsi built-in, programmer tidak perlu lagi membuat kode program kecil ,hanya perlu memanggil fungsi nya saja dan menulis parameter inputannya.
  • Fungsi dapat meminimalisir kesalahan ketika melakukan proses programming. Hal ini khusus untuk fungsi yang ditulis oleh programmer sendiri. Jika terjadi kesalahan saat tidak menggunakan fungsi, maka seorang programmer harus memeriksa dan memperbaiki satu per satu kode yang ada. Namun jika kode program tersebut disimpan dalam satu fungsi, maka programmer hanya perlu memperbaiki satu kode program yang disimpan dalam fungsi itu saja.
  • Fungsi bisa dipakai pada program lainnya. Selama masih satu bahasa pemrograman,programmer tidak perlu lagi membuat kode baru untuk kebutuhan yang sama walaupun pada program yang berbeda. Programmer tinggal menggunakan kode program yang sudah tersedia pada suatu fungsi.
  • Fungsi dapat memudahkan programmer ketika membuat program aplikasi yang kompleks. Agar aplikasi yang kompleks lebih mudah dan cepat untuk dikerjakan, umumnya programmer akan memecah program utamanya menjadi beberapa modul atau program program kecil. Program-program kecil itu mirip dengan cara kerja fungsi.

Dimana Fungsi Bisa Diperoleh dalam Pemrograman?

Fungsi di dalam bahasa pemrograman ada dua jenis. Pertama adalah user-defined function alias program kecil yang sengaja dibuat oleh programmer untuk melakukan tugas spesifik dalam rangka membantu program utama. Kedua adalah built-in function alias fungsi yang sudah 'ditanam' atau tersedia di dalam library atau kompiler bahasa pemrograman, dimana para programmer tinggal menggunakannya saja. Khusus untuk built-in function, semakin ke sini para pengembang bahasa pemrograman semakin melengkapi pustaka atau library bahasa pemrogramannya dengan berbagai fungsi. Sehingga semakin memudahkan pada programmer untuk melakukan programming. Tanpa perlu lagi pusing membuat fungsi khusus sendiri.

Kapan Fungsi dapat Digunakan dalam Pemrograman?

Peran fungsi selama membuat program merupakan suatu keniscayaan. Fungsi dapat digunakan atau dipanggil kapan saja dalam pemrograman. Semakin kompleks suatu program maka semakin banyak pula kebutuhannya terhadap fungsi.

Apa Sajakah yang Bisa Memanggil Fungsi?

Khusus untuk user-defined function alias fungsi yang dibuat sendiri oleh programmer, hanya dapat dipanggil jika fungsi tersebut merupakan bagian dari program utama. Namun, jika fungsi tersebut adalah built-in function alias fungsi yang sudah tersedia di dalam pustaka bahasa pemrograman, maka fungsi tersebut bisa dipanggil oleh program utama apa saja ataupun program fungsi yang dibuat oleh programmer.

Bagaimana Cara Memanggil Fungsi?

Untuk memanggil fungsi dalam pemrograman, pada prinsipnya semua bahasa pemrograman sama, yaitu menuliskan nama fungsi dan parameter nya jika perlu inputan parameter.

Contoh-contoh penerapan fungsi pada bahasa pemrograman yang tersedia pada situs ini?

Seluruh bahasa pemrograman memiliki fungsi pustakanya masing-masing. Penulis blog kodefungsi berusaha untuk menghadirkan berbagai contoh program yang memanfaatkan fungsi-fungsi yang tersedia pada setiap bahasa pemrograman. Untuk saat ini, bahasa pemrograman yang tersedia pada situs ini adalah: